Resep Terbaru :


Sedang cari resep? Coba cari di sini

Mini Chick Puff

Mini Chick Puff

Bahan Kulit :
adonan A :
100 gr tepung terigu protein rendah
50 gr mentega putih

adonan B:
150 gr tepung terigu protein rendah
6 0 gr mentega/margarin
½ sdm gula halus
50 ml air hangat

Bahan Isi :
75 gr kacang merah kering, rendam selama 1 jam
4 lembar daun pandan
25 ml santan kental
½ sdt garam
75 gr gula pasir

Olesan & Hiasan :
1 kuning telur, kocok
wijen hitam secukupnya

Cara Membuat:
1. Bahan kulit :
Adonan A : campur tepung terigu dan mentega putih, uleni sampai adonan licin dan rata. Potong menjadi 24 bagian, bulatkan. Sisihkan.
Adonan B : campur tepung terigu, mentega/margarin, gula halus dan air hangat, aduk hingga menjadi adonan yang dapat dipulung. Bulatkan adonan, diamkan selama ± 20 menit. Potong menjadi 24 bagian, bulatkan.
Titipinkan 1 bagian adonan B sehingga cukup untuk membungkus adonan A. Lakukan hal yang sama untuk adonan sisa, bungkus setiap adonan A dengan adonan B, bulatkan. Tipiskan campuran adonan A & B sampai berukuran 7 X 3 X ½ cm, gulung menurut panjangnya. Kerjakan satu persatu hingga adonan habis. Tipiskan kembali campuran adonan A & B sampai berukuran 7 X 3 X ½ cm, gulung kembali sesuai lebarnya. Lakukan hingga adonan habis. Lalu tipiskan kembali campuran adonan A & B sampai berukuran 7 X 3 X ½ cm, gulung menurut panjangnya. Pada tahap ini adonan siap digunakan untuk keperluan resep.
2. Bahan isi :
Rebus kacang merah dengan air hingga masak dan empuk, angkat dan tiriskan. Haluskan dengan blender, jika perlu tambahkan sedikit air. Masak kacang merah halus di atas api sedang hingga mengental, masukkan daun pandan, santan, garam dan gula pasir. Masak sambil diaduk-aduk hingga adonan kacang merah mengering dan tidak menempel diwajan. Angkat dan diamkan hingga dingin. Bagi adonan sebanyak 16 - 20 bagian. Panaskan oven pada suhu 180 °C.
3. Ambil 1 bagian adonan kulit, gilas berbentuk lingkaran. Isi dibagian tepi dengan bahan ini. Rekatkan seluruh tepi adonan kulit ke bagian tengah hingga berbentuk bulat agak lonjong seperti badan anak ayam. Bentuk bulat sisi yang agak panjang utk kepala anak ayam. Tekan sedikit punggungnya dengan ibu jari. Runcingkan sedikit bagian kepalanya untuk membentuk paruh. Olesi seluruh badan dan kepalanya dengan kuning telur. Tempelkan wijen hitam di kiri kanan kepala untuk matanya. Panggang dalam oven hingga masak selama 30 menit.

visitor stats Add to Technorati Favorites

Home | FoodLog | Contact Us