Resep Terbaru :


Sedang cari resep? Coba cari di sini

Orange Marble Cake

Orange Marble Cake

Bahan kue:
150 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 gr margarin/mentega
100 gr gula pasir halus
150 gr telur (dari 2 butir telur dan 2 kuning telur)
2 sdt kulit jeruk orange parut
seperdelapan sdt garam

Adonan coklat:
30 gr coklat pekat masak (dark cooking chocolate), potong-potong
1 sdt mentega/margarin
2 sdt air panas

Cara Membuat:
1. Panaskan oven hingga 180 °C. Alasi dasar loyang loaf (20 X 10 X 7 cm) dengan kertas roti dan olesi loyang dengan mentega lalu taburi dengan sedikit tepung terigu.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan baking powder dua kali, sisihkan.
3. Adonan coklat : lelehkan coklat dan margarin dengan cara di tim di atas panci berisi air panas. (Perhatikan jangan sampai dasar mangkuk tempat mentega coklat terkena air panas). Aduk rata, masukkan air panas. Aduk adonan coklat hingga rata, angkat. Biarkan dingin.
4. Adonan cake : dalam mangkuk yang besar, kocok mentega hingga licin dan lembut, masukkan gula sedikit demi sedikit. Setelah semua gula tercampur, kocok dengan kecepatan tinggi sampai adonan ringan dan mengembang.
5. Masukkan telur satu persatu. Kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur, setelah itu masukkan telur berikutnya. Tambahkan kulit jeruk yang diparut dan garam, kocok rata.
6. Sambil diayak, masukkan campuran tepung dalam 3 tahapan, aduk balik dengan whisk. Adonan ini memang agak kental.
7. Ambil 1 cup adonan (± 100 gr), taruh dalam mangkuk kecil. Campurkan adonan coklat ke dalam mangkuk kecil berisi adonan. Aduk balik hingga rata.
8. Membuat marmer : tuang ½ bagian adonan putih ke dalam loyang, lalu tuang adonan coklat merata di atasnya, tutup dengan sisa adonan putih. Buat gerakan memutar dengan garpu ke dalam adonan untuk memperoleh efek marmer pada adonan.
9. Panggang dalam oven sampai matang selama 30-35 menit. Sebelum diangkat lakukan test kematangan dengan menusukkan lidi ke dalam cake. Angkat dan taruh diatas rak kawat, diamkan selama 5 menit, lalu keluarkan kue dari dalam loyang. Kue siap disajikan.

visitor stats Add to Technorati Favorites

Home | FoodLog | Contact Us